Beberapa Faedah dan Manfaat Daun Sirih Hijau

 on Selasa, 30 Desember 2014  

Dokter Kesehatan - Manfaat daun sirih hijau - Di Indonesia ini nyatanya sangat banyak tanaman obat yang dapat digunakan daunnya untuk penyembuhan. Salah satunya yang telah dibicarakan di situs (blog) ini yaitu daun kelor, daun pepaya, daun kemangi serta daun salam. Serta tak ketinggalan daun sirsak yang saat ini demikian popular.

Nah, pada kesempatan ini saya bakal mengulas tentang faedah daun sirih hijau untuk kesehatan. Daun sirih yang kerap di ketemukan di Indonesia ada dua type, yakni sirih merah serta sirih hijau. Seluruhnya dapat digunakan juga sebagai obat, tetapi pasti khasiatnya tidak sama keduanya.

Sirih hijau mempunyai nama latin Piper betle, Linn. yang termasuk juga dalam keluarga Piperaceae. Sirih yaitu type tumbuhan merambat yang hidupnya melekat pada batang pohon tanaman lain, walau ada pula yang merambat di tanah.
Beberapa Faedah dan Manfaat Daun Sirih Hijau

Nenek moyang kita kerap jadikan daun sirih juga sebagai ramuan untuk 'nginang'. Bahannya terbagi dalam daun sirih, kapur sirih, pinang, gambir, serta kapulaga. Diluar itu daun sirih dapat juga jadikan sebagai obat tradisional untuk menangani beragam penyakit. Di bawah ini sebagian faedah dan manfaat daun sirih untuk kesehatan serta penyembuhan.

Manfaat Daun Sirih Hijau

1. Mengobati keputihan
Rebus 7-10 lembar daun sirih dalam 2, 5 liter air sampai mendidih. Pakai air rebusan daun sirih itu pada saat masih tetap hangat untuk membersihkan daerah kemaluan. Kerjakan dengan cara berkali-kali.

2. Mengobati gatal alergi serta biduran
Siapkan 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning serta 1, 5 sendok makan minyak kayu putih. Seluruhnya bahan itu ditumbuk berbarengan hingga halus. Lalu ramuan itu dioles-oleskan/digosok-gosokkan di bagian tubuh yang gatal-gatal lantaran alergi atau biduran.

3. Mengobati diare
Siapkan 4 - 6 lembar daun sirih, 6 biji lada serta 1 sendok makan minyak kelapa. Seluruhnya bahan itu ditumbuk berbarengan hingga halus. Gosokkan ramuan tersebut di sisi perut serta biarlah hingga jadi kering.

4. Mengobati gusi berdarah
Bila anda alami pendarahan pada gusi, janganlah cemas, obati saja dengan daun sirih. Langkahnya, ambillah 4 lembar daun sirih lalu di rebus dengan dua gelas air sampai mendidih. Sesudah dingin, air rebusan itu dipakai untuk berkumur. Kerjakan berkali-kali sampai pulih.

5. Mengobati mimisan
Mimisan yaitu keluarnya darah dari hidung. Anda dapat mengobatinya memakai daun sirih. Ambillah satu lembar daun sirih lalu ditekan-tekan agar agak layu. Gulung serta cocokkan ke hidung untuk menyumbat pendarahan.

6. Mengobati gigi berlubang
Bila anda megalami sakit gigi lantaran gigi berlubang, selekasnya ambillah satu lembar daun sirih serta rebus dengan dua gelas air sampai mendidih. Air rebusan daun sirih itu dipakai untuk berkumur. Kerjakan erulang-ulang sampai pulih.

7. Mengobati batuk
Siapkan 4 lembar daun sirih, 3 lembar daun bidara upas serta madu seperlunya. Daun sirih diiris-iris, lalu di rebus berbarengan daun bidara upas dalam 2 gelas air sampai mendidih. Sesudah dingin, lebih madu seperlunya, lalu ramuan itu di buat untuk berkumur. Upayakan untuk menjangkau daerah kerongkongan.

8. Kurangi produksi ASI
Produksi ASI yang terlalu berlebih pasti tak bagus serta berlebihan. Anda dapat mengatasinya dengan memakai daun sirih. Langkahnya gampang, ambillah 4 lembar daun sirih serta oleskan dengan minyak kelapa. Kemudian panggang di atas api, jangan sempat hangus terbakar. Dalam situasi masih tetap hangat, daun sirih itu ditempelkan di seputar payudara.

9. Penyakit jantung
Siapkan 3 lembar daun sirih, 7 gunakan biji kemukus, 3 siung bawang merah, serta 1 sendok makan jintan putih. Seluruhnya bahan itu ditumbuk hingga halus, ditambah 5 sendok air panas, dilewatkan sebagian menit, lalu diperas serta disaring. Ramuan itu diminum 2 kali 1 hari serta dikerjakan dengan teratur.

10. Penyakit Sfilis
Siapkan 25 - 30 lembar daun sirih berbarengan tangkainya, 1/4 kg gula aren serta garam dapur seperlunya. Seluruhnya bahan itu di rebus berbarengan dengan 2 liter air hingga mendidih, lalu disaring. Ramuan itu diminum 3 kali 1 hari dengan cara terus-terusan.

11. Bronkhitis
Siapkan 7 lembar daun sirih serta 1 potong gula batu. Daun sirih dirajang, lalu di rebus berbarengan gula batu dengan air 2 gelas hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas, serta disaring. Ramuan itu diminum 3 kali satu hari 3 sendok makan.

Nah, itulah sebagian faedah dan manfaat dari daun sirih hijau untuk kesehatan serta penyembuhan tradisional. Janganlah lupa, baca juga artikel tentang faedah dan manfaat daun sirih merah untuk menaikkan wawasan Anda.
Beberapa Faedah dan Manfaat Daun Sirih Hijau 4.5 5 Unknown Selasa, 30 Desember 2014 Di Indonesia ini nyatanya sangat banyak tanaman obat yang dapat digunakan daunnya untuk penyembuhan. Salah satunya yang telah dibicarakan di situs (blog) ini yaitu daun kelor, daun pepaya, daun kemangi serta daun salam. Serta tak ketinggalan daun sirsak yang saat ini demikian popular. Dokter Kesehatan - Manfaat daun sirih hijau - Di Indonesia ini nyatanya sangat banyak tanaman obat yang dapat digunakan daunnya untuk peny...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar